Beranda | Artikel
Khiyar Syarat - Hukum Syarat Jual Beli - Kitab Zadul Mustaqni (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)
Kamis, 9 November 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Khiyar Syarat – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni adalah kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. yang merupakan rekaman kajian kitab زاد المستقنع في اختصار المقنع atau populer dengan sebutan Kitab Zadul Mustaqni. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Hanbali, karya Syaikh Syarifuddin Abu Naja Musa bin Ahmad Al-Hajawi rahimahullah dan merupakan ringkasan dari Kitab Al-Muqni karya Ibnu Qudamah rahimahullah.

Download kajian sebelumnya: Khiyar Majelis – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni

Download juga Kitab Zadul Mustaqni – Format PDF di sini

Ringkasan Kajian Khiyar Syarat – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni

Setelah dibahas pada kajian sebelumnya tentang bentuk pertama dari khiyar. Yaitu khiyar majelis. Pada kajian kali ini dibahas bentuk dari khiyar yang kedua. Yaitu penjual atau pembeli mensyaratkan didalam akadnya, dalam satu waktu yang diketahui walaupun waktu tersebut cukup panjang.

Salah satu contoh yang disebutkan adalah ketika pembeli mengatakan, “saya beli, tapi saya punya hak khiyar selama tiga bulan” Pada kejadian ini, meskipun majelis sudah selesai, namun pembeli bisa mengembalikan barang kepada si penjual tanpa ada sebab. Begitu juga kalau penjual yang mensyaratkan, “saya syaratkan khiyar selama satu bulan.” Maka sebelum berlalu satu bulan, penjual berhak membatalkan penjualannya.

Dalil untuk hal ini adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa, الْمُسْلِمُوْنَ عَلَى شُُرُوْطِهِمْ, “kaum muslimin itu memenuhi persyaratannya…” Bila mereka saling membuat persyaratan dalam hak khiyar, bagi mereka keduanya. Akan tetapi, sampai berapa lama hak khiyar ini? Boleh berapapun lamanya, asal waktunya jelas.

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Kajian Khiyar Syarat – Hukum Syarat Jual Beli – Kitab Zadul Mustaqni



Artikel asli: https://www.radiorodja.com/28700-hukum-syarat-jual-beli-bab-khiyar-bagian-2-kitab-zadul-mustaqni-ustadz-dr-erwandi-tarmizi-m/